SoftVerKI

5.0.4

Friday, July 20, 2012

Mencegah Dan Menghentikan Kucing Kita Lari Ke Luar Pintu

Jika kita tinggal di wilayah perkotaan atau tempat manapun dengan rute lalu lintas yang padat, maka kitaperlu menghentikan kucing melompat keluar pintu tiap kali kita membukanya. Kucing mudah takut pada keramaian lalu lintas dan kita tidak ingin hewan peliharaan kita menemui kecelakaan konyol. Tidak hanya kecelakaan, biaya doktor hewan akan menimbulkan lubang pada anggaran kita. Menghentikan anak kucing berlari ke luar pintu tidak akan mudah, akan tetapi bisa dilakukan dengan kesabaran. Akan jauh lebih mudah melatih anak kucing dibanding kucing dewasa dengan kebiasaan yang sudah tertanam.


Bila kita punya kucing atau anak kucing, maka ia perlu dilatih untuk tetap di belakang pintu kecuali anda membiarkannya untuk pergi ke luar. Untuk melakukan hal ini, gunakan kebiasaan alamiah kucing, bekerjalah sesuai sifat alamiahnya, bukan menentangnya. Kita tahu kucing tidak suka suara keras yang mengejutkan. Jadi, tiap kali pintu dibuka dan kucing melangkah ke arahnya, coba dan bersiaplah mengeluarkan suara keras/sentakan antara kucing dan pintu. Jangan bersuara keras dari belakangnya, karena anda justru akan menakutinya dan menyebabkannya lompat dan berlari ke luar pintu.

Salah satu cara yang baik untuk melatih kucing akan hal ini adalah meminta bantuan orang lain untuk berdiri di luar pintu. Kemudian ketika kucing hendak keluar, teman kita luar segera menyemprot wajahnya dengan spray atau pistol air. Dua orang lebih baik. Seorang bisa menyemprotkan air; yang satunya menggunakan suara ribut. Hal ini akan menakuti kucing sehingga kembali ke dalam ruangan dimana kita bisa menenangkannya. Kita juga bisa memanggilnya kembali kedalam rumah. Jika kita menggunakan suara anda sebagai alarm peringatan, anak kucing akan segera menanggapinya. Nah, apapun cara pencegahannya, Tentu saja ingatlah untuk memberikan penguatan positif seperti membelai, gelitikan atau memberi makan ketika ia melakukan hal yang benar.

No comments:

Post a Comment