Friday, July 20, 2012

Menghentikan Kucing Lompat Ke Meja Makan


Satu hal yang penting dalam melatih kucing adalah menghentikannya melompat ke meja atau ke meja makan. Kita mungkin berpikir bahwa bukan masalah besar bila kucing ada di atas meja makan, bahkan kenyataannya beberapa orang menganggap itu hal yang manis. Tapi berhenti dan pertimbangkanlah. Anak kucing tidak benar-benar tahu kemana ia akan mendarat ketika ia melompat dari lantai ke meja makan. Apakah kita ingin ia mendarat ke atas kue yang baru saja keluar dari oven? Atau ia bisa dengan mudah menyenggol sesuatu yang panas atau
memecahkannya ke lantai, belum lagi masalah kotoran, pecahan atau tumpahan akibat perbuatannya. Jadi, kita perlu tahu bagaimana mencegahnya dan menghentikannya.





Triknya adalah menggunakan sesuatu yang ia benci untuk mencegah kebiasaan semacam ini. Sebagian besar kucing membenci suara keras yang mendadak, jadi jika kita membuat suara keras di wajahnya ketika ia melompat, maka ia segera melompat balik. 

Ia segera mengasosiasikan suara keras dengan aktivitas tertentu dan ia akan berhenti.
Jadi, apa yang dapat kita gunakan untuk menciptakan suara keras? 
  • Metode yang pertama adalah mengangkatnya ketika ia melompat ke meja makan dan mengatakan padanya: “Jangan!” dengan suara yang jelas, khas dan keras, kemudian meletakkan kucing kembali ke lantai.
  • Kaleng Soda kosong dengan beberapa kerikir atau marmer merupakan ide yang bagus. Goyangkan di depan wajah kucing sehingga ia akan berbunyi keras dan mengejutkan kucing tersebut. Ia tidak akan menyukainya.
  • Ide lain adalah melipat beberapa lembar koran dan menampar meja makan tepat di mukanya. Kemudian bila ia tidak melompat, pegang kucing tersebut di tengkuk dan tempatkan di lantai. 
  • Jangan membelainya di atas meja makan, atau menggelitik dan menciumnya, karena ini adalah penguatan positif dan akan mendorongnya untuk melompat ketika ia ingin diperhatikan.
  • Menyemprot wajah kucing dengan air juga metode lain untuk menghentikannya meneruskan kebiasaan melompat ke arah meja makan.
  • Gunakan terompet anak-anak atau benda yang bisa anda tiup didekatnya.

Jika kucing tersebut tidak berhenti melompat, cobalah melakukan beberapa hal pada saat yang sama.  Lakukan hal-hal tersebut diatas tiap kali anda melihatnya di atas meja dan ia akan lelah terhadap tekanan itu dan berhenti.

No comments:

Post a Comment