SoftVerKI

5.0.4

Thursday, July 19, 2012

Perilaku Kucing Yang Harus Dihentikan


Terdapat beberapa perilaku kucing yang tak dapat diterima bagi hewan peliharaan. Namun, kesemuanya tergantung pada gaya hidup kita dan apakah kita tinggal di desa atau kota. Salah satu perilaku kucing yang buruk adalah mencakar, yaitu mencakar manusia. Kuku kucing dapat menyebabkan luka cakar, sehingga ini adalah salah satu perilaku yang harus dihentikan secepat mungkin. Tidak mungkin untuk menghapuskannya karena ini adalah salah satu perilaku alamiah kucing untuk mencakar dan melindungi dirinya. Pastikan kucing anda tidak
merasa takut dan tidak pernah merasa terancam yang mana akan mencegah kucing ini mencakar kita atau orang lain dalam keluarga.


Air seni kucing yang membekas dimana-mana di dalam rumah merupakan sesuatu yang tidak disukai di rumah. Air seni kucing digunakan untuk menandai teritori mereka, jadi ini juga merupakan hal yang alamiah untuk mereka lakukan. Salah satu cara untuk mencegah perilaku ini adalah membeli sebotol spray feromon, biasanya ditemukan di petshop dengan merk ‘felifriend’. Ini merupakan spray sintetis dan tidak berbau bagi manusia, namun kucing dapat menciumnya. Semprotkan di area yang kita anggap penting, itu membuat kucing berpikir ada kucing lain yang telah menandai teritorinya, dengan begitu kucing tidak akan mendatanginya.


Feromon juga dapat menenangkan kucing yang agresif agar lebih rileks. Biasanya ketika mengadopsi kucing baru, Si kucing masih merasa asing dengan lingkungan atau orang baru, itu membuatnya tidak tenang. Dalam kasus tersebut gunakan feromon dengan menyemprotkannya ke telapak tangan kita, dengan demikian akan memberikan ketenangan bagi kucing.

Meloncat ke tempat yang tinggi merupakan perilaku normal kucing, akan tetapi ini mungkin tidak akan sesuai dengan gaya hidup kita bila kita memiliki barang pecah belah di atas rak. Juga tidak akan sehat bila ada kucing di atas meja makan sementara anda menyiapkan makanan untuk anak-anak. Tindakan Kucing bisa berbahaya bagi diri mereka sendiri bila mereka melompat mendadak ke tempat yang tidak mendukung mereka.

Pastilah kita  juga tidak ingin kucing membuang kotoran sembarangan mengotori rumah. Pada bab sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana membiasakan kucing menggunakan kotak kotoran. Perilaku lain yang alamiah bagi kucing adalah berburu. Kita senang saat mereka menangkap tikus dan anak tikus, namun terkadang bangkai tikus tertinggal di sudut-sudut rumah. Ini tidak bisa dihindari selama tikus masih berkeliaran. Maka dari itu tikus harus disingkirkan di dalam rumah kita supaya tidak memancing naluri berburu kucing. Tidak akan baik untuk menggelitik anak kucing bila hanya untuk mendapati giginya tertanam di tangan anda. Menggigit merupakan perilaku alamiah kucing. Jika kucing anda seorang penggigit, cegah dia dengan menempatkannya di lantai segera ketika ia menggigit. Mungkin ia merasa gelitikan sudah cukup, dan ia ingin anda melepaskannya. Jika perilaku mengigitnya berlebihan, anda perlu menggenggam gulungan Koran, kemudian pukul sedikit di wajahnya. Ia akan segera menyadari untuk tidak menggigit.

1 comment: