SoftVerKI

5.0.4

Friday, July 20, 2012

Mengajarkan Kucing Untuk Duduk Sesuai Perintah

Mengajar kucing untuk duduk sesuai perintah memerlukan kesabaran dan konsistensi, akan tetapi hasil akhirnya akan bermanfaat. Tidak banyak kucing bisa diajar untuk duduk bila diperintahkan. Pastikan bahwa kucing sudah cukup tidur dan sedikit lapar sebelum kita mengajarkan trik berikut.


Panggilah dia untuk menerima makanan hadiah dari tangan kita, jadi ia akan tahu ketika ia menciumnya, bahwa kita punya sesuatu di tangan untuknya. Pilihlah waktu ketika kucing sedang berdiri. Dekatilah ia dengan makanan hadiah dan biarkan ia menciumnya di genggaman tangan kita yang tertutup. Bila ia telah mencium tangan kita, gerakkan ke atas kepalanya. Tidak terlalu tinggi atau ia akan melompat untuk berupaya meraihnya. Gerakkan tangan kita di atas kepalanya, sekitar sedikit di atas satu inchi, kita akan melihat ia duduk untuk menjaga makanan itu dekat dengan hidungnya. 

Jika dia tidak duduk, dengan lembut doronglah punggungya, sedikit di atas ekor hingga ia mau duduk. Tentu saja, kita juga harus memberi perintah. Katakan “duduk” dengan suara yang jelas dan khas pada saat kita menggerakkan tangan. Ketika anak kucing duduk, segera berikan ia makanan hadiah dan pujilah ia. 

Lakukan hal ini beberapa kali sepanjang hari untuk mengingatkan dia tentang apa latihan ini. Tidak berguna melakukannya seminggu sekali dan kemudian melupakannya sampai minggu berikutnya. Kucing tidak akan mengingat apapun kecuali bila itu berlangsung selama seminggu penuh.

Ketika kucing duduk dengan cepat oleh makanan hadiah tadi, kita bisa mencoba melakukannya tanpa makanan hadiah. Tetap gunakan gerakan tangan, akan tetapi tanpa apapun di tangan tersebut. Ketika ia duduk, bukalah tangan kita dan tunjukkan tak ada apapun di sana, tapi tetap pujilah dan belailah dia karena patuh. Saat berikutnya ketika kita 
melakukannya dan ia mematuhi, berikan hadiah untuknya, akan tetapi secara bertahap hilangkan makanan hadiah tersebut. Dengan cara ini kita akan dapat melatih kucing duduk, dan hal ini akan menakjubkan bagi teman-teman kita.

No comments:

Post a Comment