SoftVerKI

5.0.4

Friday, July 20, 2012

Membiasakan Kucing Dengan Gosokan Sikat

Kucing suka dibelai, jadi akan sangat mudah bagi kucing untuk menerima gosokan sikat. Gosokan ini akan membantu menghilangkan bulu yang rontok, menghilangkan duri yang mungkin menusuk kulitnya ketika ia berjalan di luar. Kita akan bisa menjaga kesehatannya secara umum bila anda menggosoknya secara berkala.


Pilihlah waktu ketika kucing merasa agak mengantuk dan ingin meringkuk di pangkuan anda yang nyaman. Jika ia belum melihat sikat itu sebelumnya, peganglah dekat wajahnya sehingga ia dapat menciumnya selama ia mau. Dengan cara ini, ia akan paham bahwa sikat ini tak akan
menyakitinya, sehingga ia tidak akan takut. Merupakan ide yang baik untuk menggosokkan tangan kita pada sikat, sehingga kucing dapat mencium aroma tubuh kita. Jika kita menggunakan sikat ini padanya, maka kucing akan merasa yakin bahwa ‘alat aneh’ ini dapat dipercaya.

Bila ia telah menerima sikat itu, mulailah untuk menyikat kucing kita dengan perlahan dan gerakan yang lembut. Selalu sikat sesuai arah rambut kucing, tidak bertentangan arah. Jika anak kucing mencoba untuk mengambil sikat dengan cakarnya untuk bermain dengannya, jauhkan dengan segera.

Ketika anak kucing sudah tenang, mulailah menyikatnya kembali. Mulailah di sekitar telinga dan bergerak mundur dengan gerakan yang mengalir. Jangan pernah mencoba untuk menyikat wajahnya atau mungkin kita akan melukai mata dan rambut di dagunya. Menyikat rambut bulu kucing dengan keras akan menimbulkan rasa sakit, jadi lakukanlah dengan lembut.

Beberapa sikat yang berbeda akan sangat bermanfaat ketika memelihara kucing. Sikat yang besar dan kaku akan baik untuk tubuh, Sikat yang lebih kecil, lebih lembut, akan baik untuk bagian pusar dan ekor. Jika kucing memiliki rambut ekor yang panjang, lebih baik menyikatnya dengan sikat yang kaku dibanding dengan sikat berbulu lembut. Sisir juga dapat dijadikan pelengkap dalam kotak perawatan kucing kita.

No comments:

Post a Comment