TipsHamil.Com

Melatih Kucing Buang Kotoran


Salah satu dari hal penting yang perlu dilakukan terhadap kucing adalah melatih buang air menggunakan kotak kotoran atau litter box. Salah satu perilaku dari kucing adalah menggali lubang di medium yang lunak untuk dimanfaatkan sebagai toilet. Perilaku ini masih kuat pada
kucing domestik, sehingga akan lebih mudah untuk melatih mereka. Ketika kucing telah mengakses halaman, khususnya yang memiliki taman, maka mereka lebih suka pergi ke luar. Akan tetapi jika kucing kita tinggal di rumah atau apartemen, penting untuk menyediakan kotak kotoran untuk mencegah kucing buang air dan melakukan hal-hal nakal lain di lantai kita.


Kotak kotoran itu haruslah lebar, keras dan dangkal, akan tetapi memiliki sisi-sisi vertikal. Beberapa kriteria tersebut akan membantu mempertahankan medium bila kucing tersebut mencakar dan menggali. Tempatkanlah kotak kotoran pada ruang dimana aktivitas lalu lintas manusia minimum, namun harus mudah diakses. Halaman belakang merupakan salah satu tempat yang bagus dipilih untuk meletakkan kotak kotoran dan biarkan tetap berada di tempat yang sama, jangan pindah pindahkan.




Pasir biasa dapat digunakan dalam kotak, akan tetapi ‘Pasir/batu Zeolit’ memiliki elemen penyerapan yang bagus terhadap kotoran sehingga akan menimalisir bau. Dan kucing senang menggunakannya. Jika anda punya anak kucing yang baru, tidak terlalu dini untuk mulai melatihnya menggunakan kotak kotoran dengan segera.
  • Ketika ia selesai makan, bawalah kotak kotoran tersebut dan letakkan ia dengan lembut ke dalam kotak. Bila anda sudah menempatkan anak kucing dekat kotak kotoran beberapa kali, maka ia akan segera mendapatkan ide tentang apa yang harus ia lakukan. Kucing dan anak kucing sangat mudah untuk dilatih menggunakan kotak kotoran.
  • Merupakan ide yang bagus bila anda memberinya makan di dekat kotak kotoran hingga kebiasaan tersebut terbentuk sehingga ia tahu dimana kotak tersebut.
  • Jika anda belum memiliki litter box, Anda bisa memancing kucing untuk buang air diluar. Caranya ambil dan bawa kotoran kotoran kucing keluar rumah, taruh diatas gundukan pasir, kemudian taruh kucing disebelahnya. Si kucing akan menyadari baunya, lakukan ini berulang- ulang agar kucing terbiasa buang air diluar. Anda juga dapat dengan mudah membersihkan bekasnya dengan menyapu pasirnya.Jika anak kucing buang air di luar kotak kotoran, pastikan anda membersihkannya dengan disinfektan yang berbau kuat untuk menghilangkan bau, sehingga kucing – kucing yang lain tidak mencium bau kotoran dan meniru buang air di tempat yang salah.
  • Di saat kucing belum terbiasa memakai kotak kotoran, jangan gunakan kotak kotoran yang memiliki penutup karena adanya penutup menjadikan kucing tidak dapat mencium baunya dan akhirnya menolak menggunakan kotak kotoran.