SoftVerKI

5.0.4

Friday, July 20, 2012

Melatih Kucing Berjalan Dengan Tali

Memang bukan hal yang umum melihat kucing berjalan dengan tali pengikat. Secara tradisional, anjing lah yang menggunakan tali dan kucing dibiarkan bebas. Namun, saat ini, dengan banyaknya burung kecil atau hewan yang terancam menjadi buruannya, mungkin kita perlu mempertimbangkan untuk melatih kucing berjalan dengan menggunakan tali pengikat. Ini akan mencegahnya memburu hewan lain, memanjat pohon untuk mengambil anak burung dari sarangnya dan juga menjauhkannya dari bahaya, seiring kita juga dapat mengawasi perilakunya.

Selain menggunakan kalung ada alternatif lain yang bias dicoba, bisa menggunakan semacam pakaian yang tersambung dengan tali. Jika kepala kucing sangat kecil dibanding tubuhnya dan kalung bisa dengan mudah terlepas dari kepalanya. Pakaian akan mengurung seluruh tubuhnya mulai dari belakang kaki depan, dengan dua tali pengikat yang dijalinkan. satu melewati kaki depannya, dan yang satunya dari belakang lehernya. Ini akan menyatukan pengikat tersebut. Kulit tiruan tipis atau bahan sintesis lain bagus untuk pakaian semacam ini. Jangan menggunakan bahan yang terlalu berat atau kucing akan menolaknya.



Penting juga bagi kita untuk menjadikan kucing terbiasa dengan tali pengikat sebelum kita mengajaknya berjalan-jalan. Salah satu cara yaitu meninggalkan tali di atas tempat tidurnya, biarkan ia melihat dan memainkannya dulu selama beberapa menit tiap hari sebelum mengikatkannya ke tubuh kucing. Panggil kucing kita dan ketika ia datang, belailah dia, akan tetapi jangan memaksa atau memarahinya bila ia tidak datang, atau ia akan berpikir bahwa tali pengikat itu merupakan sebuah hukuman.

Ketika kita mengajak kucing berjalan dengan tali pengikat itu, jangan perlakukan ia seperti anjing. Anjing suka berlari cepat dan senang berjalan disamping kita ketika mereka belajar menggunakan tali kekang semacam itu. Kucing sangat berbeda. Kucing akan cenderung berhenti dan mulai melangkah lagi, berputar-putar, merasakan keanehan dari rumput atau benda-benda lain. Agar kucing menikmati berjalan di samping kita, kita harus membiarkannya untuk melakukan hal-hal berikut ini. Latihlah ia untuk datang pada kita dan hadiah ia ketika ia berjalan ke arah yang benar. Peganglah makanan hadiah untuk diberikan padanya bila ia datang ketika kita memanggilnya.

Kucing dapat merasakan panas dengan mudah. Kita tidak boleh berharap untuk berlari cepat bersanding dengan kucing. Ingatlah anak kucing tidak memiliki sepatu untuk melindungi kakinya dari panas atau dingin. Bila mungkin, ajaklah kucing berjalan di bawah bayang-bayang
dan rumput. Di bawah sinar matahari juga tidak apa-apa asalkan jangan terlalu panas, itu akan membuatnya lebih nyaman berjalan. 

Hormatilah keinginan kucing untuk beristirahat atau berhenti ketika kita berjalan bersamanya, jangan pernah menarik kucing dengan kasar. Kucing kita akan ketakutan oleh lalu lintas yang padat yang suatu saat bisa melindas ekornya. Dengan memperhatikan bebeerapa hal tersebut, kucing kita segera akan menyukai acara jalan-jalan bersama.

No comments:

Post a Comment